Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023

Desember 21, 2023 By

Lhokseumawe – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Nasional Mengadakan Workshop Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Program Studi Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Nasional menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan kurikulum yang sesuai dengan empat pilar utama (Outcome-Based Education/OBE, Keterampilan Abad 21, Literasi Digital, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKM), Pengembangan kurikulum yang baru ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri.

Kegiatan Workshop yang dipimpin oleh Ketua STIA Nasional bapak Rudi Kurniawan, S.Sos., M.A.P diselenggarakan pada tanggal 21 Desember 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara, alumni, pengguna lulusan, birokrat serta praktisi.

Narasumber kegiatan adalah Dr.Nurhafni,S.Sos.,M.PA,CIQar selaku Ketua Jurusan Administrasi Publik Universitas Malikussaleh sekaligus anggota Indonesian Asscociation for Public Administration Departemen Pengembangan DPD Wilayah Barat. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan materi berupa persiapan dan implementasi MBKM di Program Studi Ilmu Administrasi Negara antara lain mengenai struktur kurikulum, sosialisasi, pelaporan, dan penilaian MBKM. Setelah pemaparan materi dari narasumber, diadakan sesi tanya jawab. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para dosen untuk bertanya lebih rinci mengenai kurikulum MBKM. Kegiatan kemudian ditutup dengan pemberian sertifikat untuk narasumber.

Di sisi lain, user/pengguna menyampaikan tentang kriteria-kriteria yang biasanya mereka gunakan dalam seleksi baik itu untuk penerimaan mahasiswa magang ataupun rekrutmen karyawan di perusahaan mereka. Praktisi pun menyampaikan pandangan mereka mengenai keahlian/skill dan sifat/karakter apa saja yang umumnya harus dimiliki oleh lulusan untuk dapat berkompetisi di dunia kerja.