Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Nasional Program Studi Ilmu Administrasi Negara Telah di Asesmen Lapangan BAN-PT

Oktober 16, 2019 By

Lhokseumawe – Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara STIA Nasional telah di asesmen lapangan oleh dua asesor BAN-PT, Minggu – Selasa (13/10/2019 – 15/10/2019).

Dalam rangka pelaksanaan akreditasi tahun 2019, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan asesmen lapangan terhadap Program Studi Ilmu Administrasi Negara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Nasional dengan menugaskan Dr H. Hasim A Abdullah, MM (Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jakarta) dan Dr. Didik Gunawan Suharto (Universitas Sebelas Maret)

Pada selasa, 14 April 2019 penyambutan dilakukan diruang Ketua STIA Nasional, dihadiri oleh Ketua yayasan Dr. Anwar is, Ketua STIA Nasional  Dr. Yusrizal, S.H., M.H, Pembantu Ketua 1 Hadi Iskandar, S.H., M.H, Ketua Prodi Rudi Kurniawan, S.Sos., M.A.P, Ketua LPPM, Drs. Muhammad, M.Si, dan beberapa dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

Penyambutan asesor lapangan Ban-PT. Dr H. Hasim A Abdullah, MM (Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jakarta) dan Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos., M.Si (Universitas Sebelas Maret)

Ketua STIA Nasional, Dr. Yusrizal, S.H., M.H. memperkenalkan jajaran pejabat struktural yang terdiri dari Pembantu Ketua I, Pembantu Ketua II, Pembantu Ketua III, Ketua Prodi & Sekretaris dan beberapa dosen Ilmu Administrasi Negara.

Ketua STIA Nasional, Dr. Yusrizal, S.H., M.H. memperkenalkan jajaran pejabat struktural yang terdiri dari Pembantu Ketua I, Pembantu Ketua II, Pembantu Ketua III, Ketua Prodi & Sekretaris dan beberapa dosen Ilmu Administrasi Negara.

Perlu diketahui, dokumen reakreditasi Program Studi Ilmu Administrasi Negara telah diusulkan oleh Program Studi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) sejak 16 Mei 2019, telah melalui proses asesmen kecukupan BAN-PT dan dinyatakan lolos ke tahap asesmen lapangan berdasarkan Keputusan Dewan Eksekutif BAN-PT.

Asesmen lapangan merupakan kegiatan verifikasi dan validasi data dan informasi yang telah disajikan dalam dokumen Borang. Disamping itu, dalam kegiatan asesmen lapangan asesor juga memberikan masukan dan share pengetahuan terhadap pengelolaan program studi maupun para dosen mengenai berbagai hal yang terkait dengan upaya-upaya peningkatan penyelenggaraan pendidikan untuk menghasilkan output (lulusan) yang sesuai dengan visi dan misi program studi.

Alumni dan pengguna lulusan (users) juga turut dihadirkan dalam kegiatan ini untuk menjalani wawancara terkait profil dan kualitas lulusan di tempat kerjanya.

Tim asesor berbagi tugas, Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos., M.Si melakukan verifikasi dokumen III-A dan III- B di ruang sidang/rapat, sedangkan Dr H. Hasim A Abdullah, MM melakukan mengecekan sarana dan prasarana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Nasional.

Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos., M.Si melakukan verifikasi dokumen III-A dan III- B di ruang sidang/Rapat.

Proses verifikasi dan validasi data dan informasi oleh asesor telah selesai pada pukul 14.00 WIB dilanjutkan dengan penyusunan berita hasil asesmen lapangan oleh kedua asesor yang memakan waktu hingga pukul 16.57 WIB. Tidak berahir hanya itu saja, berita acara yang telah disusun tim asesor kemudian didiskusikan bersama kepada Ketua STIA, PK I, Kaprodi, Ketua Mutu beserta Tim Borang hingga tercapai pemahaman yang sama pada pukul 18.00 WIB.

Berita acara hasil asesmen lapangan kemudian ditandatangani tim asesor dan Kaprodi untuk lembar F4 dan ditandatangani tim asesor dan Ketua STIA untuk lembar F5. Berikutnya, kegiatan pun ditutup oleh Ketua STIA setelah tim asesor menyampaikan kesimpulan dan hasil asesmen lapangan dan menyerahkan berita acara serta foto bersama.

Penerimaaan berita acara hasil asesmen lapangan kepada Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Nasional oleh Asesor Ban-PT Dr H. Hasim A Abdullah, MM

Pemberian bungong jaroe kepada Dr H. Hasim A Abdullah, MM

Pemberian bungong jaroe kepada Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos., M.Si

Foto Bersama Ketua STIA, PK I, KaProdi, Dosen, beserta Tim Borang dengan asesor Ban-PT. Dr H. Hasim A Abdullah, MM dan Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos. M.Si